PABRIK BAJU

 

Produksi Pakaian

Produksi Pakaian
Produksi pakaian di Indonesia saat ini sudah cukup berkembang dengan cepat, bahkan Indonesia sebagai negara berkembang telah mampu untuk memenuhi permintaan dari pakaian yang datang dari luar negeri. Dari berbagai perusahaan yang bergerak di bidang usaha yang memproduksi barang jadi berupa pakaian ini, didapat berbagai macam jenis pakaian yang dijual di pasaran saat ini. Indonesia sendiri sebenarnya memiliki segala sesuatu yang dibutuhkan oleh masyarakatnya dalam hal produksi pakaian. Diantaranya adalah sumber daya manusianya yang memadai, kekayaan alam yang melimpah, dan tempat yang dapat dijadikan usaha pembuatan pakaian itu sendiri. Namun permasalahan utama yang sering dihadapi oleh negara ini adalah masalah pengelolaan dari manajemen perusahaan yang masih kurang professional, terutama untuk bagian pemasaran produksinya. Dibutuhkan keahlian khusus untuk dapat memasarkan sebuah produk, tak terkecuali dengan produk dari pakaian seperti ini.

Tahapan Dalam Pembuatan Sebuah Pakaian

Dalam produksi pakaian, dalam proses produksinya selain menggunakan mesin-mesin berteknologi tinggi yang memiliki harga yang mahal, sebuah pabrik yang memproduksi baju ini juga turut membutuhkan tenaga manusia dalam berbagai kegiatannya. Seperti untuk menggerakkan mesin-mesin tersebut dan ada juga proses pembuatan pakaian yang membutuhkan tenaga manusia dan tidak dapat dilakukan oleh tenaga robot atau mesin-mesin industri tersebut. Tenaga manusia disini juga berfungsi sebagai pengontrol proses produksi dari pakaian tersebut. Tahapan yang dilalui dalam pembuatan sebuah pakaian juga tidaklah sedikir dan cukup rumit. Maka dari itu dibutuhkan mesin berteknologi tinggi agar dapat memproduksi sebuah pakaian dengan tingkat presisi yang tinggi.

Tahapan yang harus dilalui dalam produksi pakaian ini diantaranya ada proses yang pertama yang dinamakan proses pembuatan desain atau pola. Dalam tahapan ini, sebuah kain digambar dan dibentuk sesuai dengan pola yang telah ditentukan sebelumnya. Dalam tahapan ini biasanya dilakukan oleh desainer yang berpengalaman dalam bidangnya. Seorang desainer tersebut bertugas untuk merancang desain sebuah baju dan menuangkan ide kreatif yang dimilikinya ke dalam sebuah kertas sketsa kemudian menerapkannya pada sebuah kain. Proses berikutnya yang harus dilalui dalam produksi pakaian adalah proses cutting atau pemotongan sebuah kain yang telah digambar desain sebelumnya. Kain yang telah digambar dengan desain pakaian yang telah dipesan kemudian dipotong dengan menggunakan bantuan mesin potong yang telah disesuaikan dengan jenis dari kain yang akan dipotong tersebut.

Selanjutnya dalam produksi pakaian juga sebuah bahan pakaian harus melalui proses berikutnya yang dinamakan proses sewing atau assembling. Proses ini adalah proses penyatuan atau penjahitan dari pola yang telah dibuat sebelumnya pada proses pembuatan desain dan proses cutting. Bagi sebuah perusahaan yang sudah berskala besar pasti akan lebih memilih untuk menyerahkan pekerjaan ini kepada unit penjahitnya sendiri daripada memberikan proyek ini kepada pihak konveksi lain. Untuk proses terakhir dari pembuatan sebuah pakaian adalah proses finishing. Pada proses ini, beberapa pekerja akan menggerakkan mesin setrika untuk merapikan pakaian yang memiliki kerutan sehingga pakaian tersebut terlihat lebih rapi. Dan tahapan yang terakhir adalah proses packing atau pengemasan. Pengemasan adalah proses terakhir dimana semua produk dikemas dengan dibedakan dari harga, kualitas, serta desain dari sebuah pakaian dan kemudian akan didistribusikan ke toko-toko baju.

Kelebihan Dan Kekurangan Menjual Pakaian Dengan Sistem Online

Dalam sebuah produksi pakaian tentu saja hasil akhir dari usaha tersebut adalah pemasaran dari produk yang dihasilkan tersebut. Dalam memasarkan sebuah pakaian tentu saja dapat dilakukan dengan berbagai cara. Anda dapat menggunakan cara lama untun memasarkan pakaian hasil produksi anda dengan cara menjualnya secara langsung ke toko-toko yang menjual pakaian atau bisa juga menjualnya di mall-mall besar yang ada di kota anda. Namun anda juga dapat pula menjualnya dengan cara online yang banyak dipilih oleh banyak pengusaha pakaian dalam memasarkan hasil dari produksi pakaian usahanya tersebut. Selain dirasa lebih murah dan efisien, pemasaran produk melalui media internet ini ternyata juga memiliki kekurangan yang dapat menghambat anda dalam memasarkan sebuah produk pakaian anda.

Diantara kekurangan yang terdapat pada pemasaran dari produksi pakaian melalui media online ini adalah kepercayaan yang akan anda peroleh dari pelanggan anda. Terlebih jika anda tergolong “pamain” baru pada usaha tersebut. Dan juga diperparah dengan semakin maraknya penipuan dengan berkedok sebagai penjual produk fashion yang ternyata produk tersebut adalah palsu. Bagi sebagian orang, membeli dengan cara online ini juga diibaratkan seperti membeli kucing dalam karung. Jadi pembeli tidak dapat secara langsung memilih dan mencoba pakaian yang akan dibelinya karena sistem dari promosi yang dilakukan secara online. Banyak juga pihak produsen “nakal” yang mengiklankan produknya yang tidak sesuai dengan keadaan aslinya. Namun sisi lain dari pemasaran dengan sistem online ini bagi para pengusaha adalah mudahnya mempromosikan sebuah produk pakaian hasil produksinya kepada masyarakat luas tanpa terkendala jarak. Melalui situs internet anda juga dapat dengan mudah mendapatkan informasi mengenai penjual pakaian yang mungkin anda sedang cari. Jadi semua tergantung pada kita bagaimana menggunakan media internet dengan bijak terutama untuk kegiatan jual beli seperti ini.

 

 

Desain Baju

Sebuah desain baju yang unik dapat membuat suasana hati penggunanya menjadi lebih ceria. Hal ini memang benar adanya, sebuah baju dengan desain yang unik dan

...

Baju Seragam Sekolah

Baju seragam sekolah merupakan kebutuhan penting bagi anak sekolah. Di Indonesia, setiap jenjang tingkatan pendidikan yang ada mempunyai karakteristik seragam sekolahnya masing-masing. Sebagai contoh, untuk

...

Tips Memilih Jaket Motor

Sebelah helm, jaket motor adalah salah satu bagian paling penting dari peralatan dan kuda pakaian luar akan memiliki. Memang benar bahwa kulit jaket motor memiliki

...

Seragam Kantor Sebagai Bentuk Loyalitas

Sebuah perusahaan besar umumnya mensyaratkan seragam kantor untuk para karyawannya. Hal ini dilakukan karena pentingnya arti dari sebuah seragam kantor sebagai bentuk loyalitas dalam sebuah

...
 
Johan Renaldi
 
0818 616 200
 
0811 249 256
 
5232 F068 (nol)
 
 
Yesie
 
0818 616 800
 
5255 964A
 
 
This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.