PABRIK BAJU

 

Konveksi Jaket

Konveksi Jaket

Banyaknya pendatang dari luar kota berkunjung ke kota kembang ini untuk berwisata. Selain terkenal dengan tempat wisata dan kulinernya, kota ini juga terkenal dengan konveksi. Salah satunya adalah konveksi jaket. Ya, bisnis konveksi di Bandung cukup menjamur dan tersebar di berbagai titik kota.

Tak hanya itu, dengan beragam model yang ditawarkan, banyak model jaket yang terkini. Berkembangnya konveksi jaket di bandung sebagai bisnis yang menjanjikan. Salah satu alasannya adalah terdapat pabrik-pabrik tekstil yang berdiri di Bandung. Hal ini membuat pengusaha-pengusaha konveksi di Bandung dapat mendapatkan bahan utama produksi lebih mudah dan murah dalam memproduksi jaket tersebut.

Selain itu wilayah kota Bandung yang strategis sehingga tak memerlukan biaya distribusi yang mahal, mengingat membeli bahan dalam jumlah besar beda daerah memerlukan biaya tambahan. Oleh karena itu pengusaha konveksi jaket tersebut menetapkan harga jual tidak terlalu mahal dimana persaingan bisnis ini cukup ketat, sehingga Bandung juga dikenal sebagai tempat jaket murah yang berkualitas. Salah satunya adalah jalan riau yang selalu ramai dikunjungi oleh warga Jakarta, biasanya daerah ini memiliki traffic yang cukur ramai menjelang hari Sabtu hingga Minggu untuk berbelanja jaket dengan harga terjangkau dan kualitas sekelas ekspor.

Sebagian besar masyarakat Bandung memiliki mata pencaharian dari aktivitas di bidang satu ini. Jika anda melewati sekitar jalan cijerah atau juga jl.terusan moh toha pada jam pulang kerja, akan dijumpai sejumlah karyawan pabrik tekstil yang keluar dari pabrik dan sejumlah karyawan yang masuk ke pabrik untuk memulai kerjanya. Selain itu Bandung konveksi pun tidak hanya mencuri perhatian turis lokal, tidak sedikit dari para turis asing juga berburu produk konveksi di Kota ini.

Salah satunya adalah daerah Binong, lokasi berdekatan dengan pusat perbelanjaan BSM atau Bandung Super Mall, menyediakan konveksi rajut. Dengan kemudahan ini Anda hanya meluangkan waktu sebentar untuk meminta model pakaian, ukuran, disertai bahan yang dipilih, dan aakan diberikan harga sesuai permintaan Anda.

Produksi jaket sendiri membutuhkan berbagai proses atau tahapan-tahapan untuk membuatnya. Konveksi merupakan tempat proses atau juga tahapan pembuatan jaket tersebut berlangsung. Proses pembuatan jaket di beberapa tempat maupun pabrik konveksi Bandung umumnya tidak banyak berbeda, namun letak perbedaannya adalah pada jenis jaket maupun bahan yang dikerjakan oleh sebuah konveksi tersebut. Tentu saja jaket yang murah proses mapun bahannya berbeda dengan jaket yang mahal. Umumnya pembuatan jaket berkualitas dikerjakan secara khusu oleh penjahit yang berkompeten. Berikut ini beberapa tahapan proses produksi jaket pada konveksi.

1. Proses Konveksi Jaket - Pattern (Pembuatan Pola)

Ketika konveksi telah memutuskan desain jaket yang akan diproduksi, langkah pertama yang perlu dilakukan yaitu pembuatan pola (pattern). Sebuah pola menentukan bagaimana kualitas jaket dari segi model. Umumnya konveksi memproduksi jaket dalam jumlah besar. Ukuran pola yang digunakanpun pada umumnya berukuran standar (ukuran yang banyak terdapat dipasaran), ukuran jaket yang berlaku di Indonesia atau jaket berukuran standar sesuai ukuran tubuh masyarakat Indonesia.

Selain itu juga beberapa desain jaket yang dibuat oleh konveksi tersebut, jaket dengan dengan satu ukuran atau cukup dikenal dengan istilah all size. Ya, All size, jaket dengan satu ukuran, pembuatan pola hanya dilakukan satu kali untuk setiap ukuran yang hendak diproduksi. Tujuan pembuatan pola adalah untuk menjadi acuan di dalam proses Cutting (pemotongan) bahan dan proses jahit pada tahap selanjutnya.

2. Proses Konveksi Menghasilkan Jaket - Cutting (Pemotongan)

Setelah proses pembuatan pola telah selesai, berikutnya pola dapat digunakan sebagai alat untuk mencetak (digambar) pada potongan bahan jaket, proses ini dikenal dengan istlah (cutting) proses pemotongan. Sebelum bahan jaket siap dijahit, bahan kain jaket harus di potong menjadi beberapa bagian sesuai pola yang telah dibuat sebelumnya. Bagian  potongan-potongan bahan secara garis besar seperti bagian depan dan belakang jaket, saku, bagian lengan, kerah dan lainnya. Bagian-bagian jaket cukup rumit (banyak) daripada produksi produk garment lainnya seperti pakaian maupun celana.

3. Proses Konveksi Menghasilkan jaket - Sewing (Penjahitan)

Setelah bahan-bahan jaket telah di cutting (potong), selanjutnya beralih ke proses menjahit. Setiap potongan tersebut dijahit hingga proses penggabungan tiap-tiap potongan. Setelah proses penjahitan telah selesai dilakukan, hasil produksi jaket akan terlihat. Memproduksi jaket memiliki beberapa tahapan yang dikerjakan oleh bagian-bagian yang berkompeten dibidangnya. Keahlian masing-masing ahli akan mempengaruhi kualitas jaket yang dihasilkan.

 

 

 

Tips Merawat Warna Pakaian

Kita semua menyukai pakaian berwarna cerah, tapi ketika warna pakaian itu memudar, tidak ada gunanya lagi. Berikut beberapa tips untuk merawat pakaian berwarna cerah.

Warna-warna pakaian

...

Baju Grosir Termurah

Dalam beberapa tahun terakhir, lokasi penjualan produk baju grosir termurah dapat dikatakan mulai tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Hal ini tentu sangat menggembirakan bagi

...

Bisnis Baju Murah

Sebagai pelaku bisnis, sangat perlu mengenal betul situasi pasar seperti bisnis baju murah. Selain lokasi sesuai kelasnya, menjual baju dengan harga murah memerlukan strategi yang

...

Pembuat Baju

Baju merupakan kebutuhan pokok manusia selain makanan, hal ini yang mendorong para pembuat baju untuk membuka usaha pembuatan baju. Mengetahui bahwa baju adalah kebutuhan pokok

...
 
Johan Renaldi
 
0818 616 200
 
0811 249 256
 
5232 F068 (nol)
 
 
Yesie
 
0818 616 800
 
5255 964A
 
 
This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.