PABRIK BAJU

 

Kaos Konveksi

Kaos Konveksi

Dalam beberapa tahun terakhir, usaha kaos konveksi menjadi usaha yang cukup berkembang di Indonesia. Walaupun sedang terjadi krisis ekonomi yang melanda negara-negara di benua Eropa dan Amerika, termasuk juga di Indonesia, bisnin konveksi ini justru menjadi bisnis yang tetap mampu berdiri di tengah krisis tersebut. Tidak bisa dipungkir memang bahwa ada beberapa pengusaha konveksi yang gulung tikar karena dampak dari krisis ekonomi yang melanda dunia ini. Namun tidak semua pengusaha konveksi terkena dampak dari krisis ekonomi dunia ini, tidak sedikit pengusaha kaos konveksi yang justru sedang berkembang menjadi usaha yang lebih menjanjikan bagi pelakunya.

Kendala Yang Banyak Ditemui Dalam Usaha Konveksi Di Indonesia

Banyak kendala yang harus dihadapi oleh pengusaha kaos konveksi yang ada di Indonesia. Kendala pertama yang menjadi batu sandungan bagi keberlangsungan usaha konveksi ini adalah mutu dari produk tekstil Indonesia yang pada umumnya belum mampu untuk menembus pasar global yang menetapkan standar yang tinggi akan sebuah kualitas. Seperti di negara Jepang yang sangat mengutamakan kualitas dari semua produk yang dibelinya. Selain itu juga mesin yang digunakan dalam industri konveksi ini masih sangat bergantung pada mesin yang didatangkan dari luar negri, terutama untuk memproduksi produk pakaian dengan kualitas ekspor. Ini merupakan hal yang menjadi kendala bagi banyak pengusaha kaos konveksi yang ada di Indonesia.

Selain permasalahan diatas yang sering ditemui oleh usaha kaos konveksi, masih terdapat beberapa permasalahan lainnya yang juga dapat menghambat perkembangan dari usaha konveksi tekstil dalam negri. Salah satunya adalah pengusaha konveksi berskala kecil yang terdapat di Indonesia masih sangat bergantung pada konlomerat atau pihak yang memiliki modal dalam menjalankan usaha konveksinya tersebut. Sehingga industri konveksi dalam negri masih belum bisa berkembang dengan maksimal karena ketergantungan dari pihak yang mempunyai modal besar ini untuk melakukan pemasaran dari produksi tekstil dalam negri.

Untuk dapat berkembang dan sukses dalam usaha konveksi, para pengusaha kaos konveksi harus bersabar dan selalu melakukan inovasi yang dapat membuat pasar menjadi semakin bergairah dengan usaha yang anda lakukan. Penciptaan model serta desain yang baru sesuai dengan keadaan yang sedang terjadi saat itu merupakan cara pertama yang dapat anda lakukan sebagai pelaku dalam usaha konveksi ini. Karena perkembangan mode yang selalu berubah dan keinginan pasar yang terus berganti inilah yang mengharuskan anda lebih kreatif dalam melakukan inovasi produk agar tetap bisa bertahan di tengah gempuran krisis ekonomi global. Pelayanan serta penanganan kepada konsumen yang tepat juga turut mengambil peran penting untuk kemajuan usaha konveksi yang anda dirikan.

Bahan Yang Digunakan Dalam Industri Konveksi

Dalam usaha konveksi, sebagai contoh adalah usaha kaos konveksi, penggunaan bahan yang tepat juga akan menentukan kualitas dari kaos yang diproduksinya tersebut. Penggunaan bahan berkualitas bagus akan menjadikan barang jadi dari produksi tersebut memiliki kualitas yang baik pula. Bahan-bahan yang sering digunakan dalam industri konveksi diantaranya adalah Cotton. Kain Cotton ini memang dikenal sebagai kain yang dapat menyerap keringat dengan baik serta jika digunakan akan memberikan kesan sejuk pada pemakainya. Kain Cotton ini juga memiliki tekstur yang lebih halus dibandingkan dengan jenis kain lainnya. Maka kain ini sangat cocok apabila digunakan dalam industri konveksi.

Selain kain Cotton yang sering digunakan dalam industri kaos konveksi, terdapat kain jenis lainnya yang tidak kalah pamor dengan kain Cotton tersebut. Dengan nama Drill, bahan jenis ini tidak kalah istimewanya dibanding dengan Cotton. Bahan Drill ini cenderung memiliki tekstur yang halus. Lembut, dan juga dingin ketika digunakan dalam pembuatan sebuah pakaian. Bahan ini juga memiliki ciri khas berupa garis-garis miring pada kedua sisi bahannya. Drill itu sendiri terdiri dari beberapa merek bahan yang masing-masing memiliki kualitas serta harga yang berbeda pula. Merek bahan dari Drill itu sendiri adalah Japan Drill, American Drill, dan yang terakhir adalah Local Drill.

Tips Dalam Berbisnis Konveksi

1
Hal pertama yang harus anda lakukan dalam memulai sebuah bisnis konveksi adalah membuat business plan atau rencana dari bisnis yang akan anda dirikan ini. Buat rencana bisnis ini sedetail mungkin, mulai dari cara mendapatkan modal awal, membeli perlengkapan dan alat yang dibutuhkan dalam usaha konveksi, analisis untung rugi, hingga solusi apabila ada permasalahan yang anda hadapi ketika menjalankan bisnis konveksi ini.
 
 
2
Hal kedua yang harus anda lakukan sebelum berbisnis konveksi adalah mencari modal sebagai dasar dari pembuatan usaha konveksi ini. Modal dapat anda peroleh dari modal sendiri atau anda juga dapat melakukan kredit pada bank-bank yang sekarang telah menawarkan berbagai kemudahan dalam kredit bagi para nasabahnya. Apabila modal sudah ada di tangan, maka pembelian mesin penunjang proses produksi seperti mesin jahit, mesin obras, benang harus segera dilengkapi.
 
 
3
Setelah anda melakukan berbagai tahapan di atas, maka tahapan yang harus anda lakukan dalam memulai sebuah bisnis konveksi adalah merekrut karyawan. Ketika anda merekrut seorang atau beberapa karyawan, yang harus anda perhatikan adalah apakah karyawan yang anda rekrut tersebut merupakan orang yang kompeten di bidangnya, atau hanya sekedar orang “biasa” saja. Rekrutlah karyawan yang memang sudah berpengalaman di bidang konveksi untuk mempermudah anda dalam memulai usaha konveksi ini.
 
 
3
Dan hal terakhir yang harus anda lakukan dalam memulai sebuah bisnis konveksi adalah menentukan pasar dan promosi yang dilakukan. Tentukan target pemasaran serta proses pengiklanan yang tepat agar usaha konveksi anda tersebut dapat tetap berkembang dan sesuai dengan keinginan pasar. Selain itu juga terus lakukan inovasi. Tidak hanya inovasi dari segi desain serta model dari pakaian yang anda produksi, namun juga inovasi promosi yang anda lakukan. Anda dapat mengiklankan produk anda melalui internet atau juga melalui pameran fashion yang terdapat di kota anda.
 
 

 

 

Baju Olahraga Sekolah
Olahraga dan sekolah merupakan dua hal yang tidak bisa dipisahkan, untuk melakukan sebuah kegiatan olahraga, sebuah sekolah pasti membutuhkan baju olahraga sekolah. Dalam kurikulum terbaru

...

8 Kesalahan Fashion Pria

Kesalahan Mode Pria - Kita semua membuat kesalahan mode berulang-ulang, tetapi beberapa kesalahan busana yang dibuat oleh laki-laki hanya dimaafkan. Saya telah diuraikan delapan kesalahan

...

Pakaian Import Korea

Pakaian import Korea memang sedang banyak digemari oleh remaja di Indonesia belakangan ini. Jika kita berbicara tentang Korea memang tidak ada habisnya, apalagi jika kita

...

Kemeja Seragam

Saat ini sudah tidak jarang lagi kita temukan kemeja seragam yang dijual di toko-toko pakaian. Kemeja ini pun dijual ke dalam berbagai macam desain dan

...
 
Johan Renaldi
 
0818 616 200
 
0811 249 256
 
5232 F068 (nol)
 
 
Yesie
 
0818 616 800
 
5255 964A
 
 
This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.