PABRIK BAJU

 

Garment Baju

Garment Baju

Perkembangan bisnis garment baju di indonesia tak lain karena perkembangan di dunia fashion yang dinamis. Industri garment baju di tanah air mulai berkembang sekitar tahun 1970-an. Perkembangan industri ini terutama terjadi sesudah sejumlah industri menyediakan bahan baku pakaian jadi sudah berkembang sebelumnya. Diantara lain, industri pemintalan, industri benang, juga industri penghasil serat sintetis, dimana industri ini menyediakan bahan baku untuk menghasilkan tekstil jadi.

Pengertian Garment

Perkembangan industri di bidang garment baju setiap tahun selalu memperlihatkan grafik peningkatan yang signifikan. Selain itu, definisi garment sendiri adalah sebuah industri, tidak bisa dilepaskan dari rangkaian industri berkaitan lainnya, seperti industri serat & benang, industri pemintalan, penenunan, hingga menjadi baju/pakaian jadi. Semua jenis industri itu dapat disebut sebagai industri tekstil dan produk tekstil.

Mulainya Kegiatan Ekspor Garment Baju Dan Produk Tekstil

Ketika kegiatan ekspor mulai dilakukan kira-kira pada tahun 1980, nilai ekspor garment baju maupun tekstil & produk tekstil baru mencapai angka sekitar 155 juta dolar AS. Tetapi dalam waktu 15 tahun, sekitar tahun 1995, nilai ekspor tekstil dan produk tekstil Indonesia telah jauh meningkat menjadi 7-8 milyar dolar AS. Hingga saat ini, industri tekstil maupun produk tekstil masih menjadi andalan dan cukup besar peranannya dalam bidang ekspor non migas di indonesia.

Kualitas Ekspor Garment Baju

Walaupun nilai ekspor produk garment baju cukup besar, namun nilainya hanya sekitar 1/3 dari total produksi. 2/3 lainnya masih dipasarkan untuk konsumsi didalam negeri. Kondisi ini terjadi dikarenakan kualitas produk garment baju di indonesia masih kalah bersaing dengan produk dari negara lainnya, serta belum dapat memenuhi standar kualitas beberapa negara importer.

Quality control/Pengendalian kualitas nampaknya menjadi masalah terbesar dihadapi oleh industri garment baju di tanaha air. Masalah rendahnya kualitas garment sering terjadi, umumnya berasal dari bahan baku kain yang terlewati oleh tim quality control, maupun cacat terjadi ketika proses pembuatan menjadi baju jadi. Masalah bahan baku kain sebenarnya berkaitan dengan hasil industri sebelumnya dan mesti ditingkatkan.

Sedangkan untuk mengatasi rendahnya kualitas hasil industri garment baju, pihak garment biasanya telah meningkatkan upaya pengendalian mutu secara ketat. Walaupun demikian, sejumlah negara sasaran ekspor, seperti Amerika, Jepang, nampaknya bukan pasar untuk mudah ditembus. Mungkin industri garment baju di tanah air masih membutuhkan waktu lebih lama dan mengelola sejumlah SDM yang ada untuk meningkatkan kualitasnya.

Baju atau Pakaian

Berbelanja pakaian atau baju tentu disukai oleh semua orang. Ya, belanja baju/pakaian itu bisa dikatakan sebagai sebuah hobi menyenangkan. Juga ada yang menganggapnya sebagai kebutuhan, keinginan, atau juga hanya menganggap sebagai angin lalu. Lantas, apa sebenarnya yang perlu dilakukan saat merencanakan ketika berbelanja baju ?

Kegiatan belanja, berbelanja apa pun itu, termasuk baju/pakaian, tentu saja perlu penuh dengan perhitungan. Menghabiskan bujet belanja baju dengan tepat agar tidak mubazir maupun sia-sia. Jangan sampai uang dari hasil kerja keras terbuang dengan sia-sia dikarenakan tidak bijak mengatur pengeluaran saat belanja baju.

Tips/Cara Berhemat dengan Belanja Pakaian atau Baju Secara Bijak

Jangan pernah sekali pun menganggap bahwa berbelanja baju itu adalah tuntutan tren. Hal ini tentu tidak dapat menyelesaikan permasalahan. Memiliki pikiran bahwa berbelanja baju itu adalah sebuah kebutuhan merupakan langkah yang bijak. Misalnya baju lama sudah tidak cukup lagi, memang perlu diganti dengan baju baru. Disamping itu juga, alternatif lainnya adalah membeli baju multifungsi seperti baju yang dapat digunakan di 2 acara berbeda, dapat digunakan saat acara untuk santai atau juga acara formal.

Kiat Khusus Berbelanja Kebutuhan Pakaian atau Baju

Belanja baju/pakaian memang tidaklah mudah. Oleh karena itu, menyediakan waktu khusus untuk berbelanja pakaian juga diperlukan karena Anda pasti memerlukan berbagai macam pertimbangan ketika memilih dan membeli pakaian yang benar-benar cocok. Berikut ini tips untuk membeli pakaian atau baju.

1. Kenakan Pakaian Nyaman Saat Berbelanja

Saat berbelanja pakaian, seseorang perlu menggunakan pakaian senyaman mungkin seperti pakaian juga celana, mudah dibongkar pasang (dilepas & dipakai). Pakaian nyaman seperti ini tentu saja memudahkan seseorang ketika mencoba pakaian yang hendak dibeli, untuk dicoba di ruang ganti pakaian (fitting room)

2. Belanja Sendiri Atau Mengajak Teman

Berbelanja baju sendiri akan lebih memungkinkan seseorang dapat berkonsentrasi pada produk baju mau dibeli atau produk telah lama diincar sebelumnya. Namun bila hendak mengajak beberapa teman untuk menemani aktivitas belanja anda, ajaklah satu atau dua orang teman saja. Dengan senang hati mereka akan membantu dan tentu saja memberi second opinion ketika menemani aktivitas belanja anda. Sebelum memulai aktivitas, jelaskan terlebih dahulu kepada teman bahwa Anda sedang mencari baju/pakaian tertentu saja, sehingga mereka tidak memberi opsi lain yang mungkin dapat membuat Anda tergoda untuk membelinya.

3. Fokus pada Pencarian

Jika belum dapat menemukan baju sesuai selera dan cocok, hindari pembelian hanya karena alasan merasa sudah bingung serta lelah mencari baju sesuai dengan kriteria awal. Sebelum membuat keputusan untuk membeli baju, berikut beberapa tips dibawah ini.

Mencoba baju yang akan dibeli di dalam kamar pas (fitting room). Kamar pas seharusnya memiliki kaca tiga arah sehingga anda bisa melihat bentuk baju dengan cukup jelas. Belilah baju yang dirasa cukup nyaman dan pas tentunya di tubuh sehingga membuat tubuh terlihat lebih proporsional. Adakalanya anda mendapatkan baju yang diinginkan, namun tak sesuai dengan kondisi atau keadaan tubuh.

4. Menggunakan Insting Dan Berpikir Jangka Panjang

Ingatlah, ketika berbelanja, tidak ada salahnya mempercayai insting anda. Jangan sampai karena sebuah rok mini atau juga celana jean sobek yang sedang ngetren dan banyak orang menggunakannya, Anda akhirnya ikut-ikutan untuk membelinya. Jadi, membeli pakaian/baju sesuai selera dengan kepribadian.

5. Variasi Warna dan Bahan

Berbagai macam variasi warna & bahan itu penting untuk dilakukan. Jika warna favorit seseorang itu putih, jangan sampai seluruh koleksi baju lebih dominan dengan warna putih. Buatlah penampilan sehari-hari lebih bervariasi dengan mengoleksi baju berbagai macam warna, sesuai dengan kepribadian. Begitu pula dengan model baju. Pilihlah model baju yang mampu membuat lebih percaya diri.

6. Meminta Bantuan Pramuniaga

Ketika berbelanja baju sendirian, tidak ada salahnya meminta bantuan kepada pramuniaga untuk mencari jenis baju sesuai kriteria awal. Dalam kasus ini, anggaplah pramuniaga tersebut sebagai teman anda, pemberi informasi tentang produk baju terbaru.

Pramuniaga tidak hanya berfungsi membantu untuk mengambil produk yang diinginkan oleh calon pembeli, namun juga memberi tips perawatan sekaligus cara pemanfaatan baju lebih optimal. Jangan memandang pakaian/baju hanya sebatas penutup tubuh, namun juga lihatlah sebagai sebuah investasi.

7. Membeli Satu Set Baju Atau Pakaian

Calon pembeli baju disarankan untuk berbelanja satu set pakaian. Jika hendak membeli jaket dan ketika menemukan jaket yang dicari ternyata sudah dilengkapi dengan baju atasan juga bawahan, saran terbaik adalah membeli semuanya. Karena, satu set jaket termasuk baju dan juga celana, seseorang dapat menciptakan banyak variasi dengan koleksi baju lainnya.

Disatu sisi, selain menambah variasi, membeli satu atasan baru maupun satu bawahan yang baru biasanya harga yang ditawarkan lebih murah. Dengan begitu, pengeluaran belanja jadi lebih hemat dan variasi mix and match dapat menjadi lebih banyak.

8. Membeli Baju Model Klasik

Membeli dan memiliki pula baju dengan model klasik. Dapat menjadi salah satu pertimbangan ketika hendak membeli atau sedang belanja baju. Ingat, pilihlah baju klasik dengan kualitas terjamin. Bahan baju berkualitas terbaik tentu akan tahan lebih lama tentunya.

9. Perhatikan Tanda Sale/Diskon

Alternatif tanda “Sale” perlu juga sebagai bahan pertimbangan dan dilihat karena memungkinkan model baju yang sedang dicari ada di dalamnya. Namun sebelum memutuskan agar membelinya, pikirkan terlebih dahulu apakah baju itu memang layak dan memiliki nilai untuk dibeli dan dikoleksi.

10. Memilih Baju Warna Gelap

Bila mempunyai anggaran yang cukup terbatas, memilih warna-warna gelap untuk koleksi baju anda. Warna gelap pada baju selalu memperlihatkan kemewahan serta terkesan mahal walaupun baju berwarna gelap banyak juga memiliki harga murah.

 

 

 

 

Pabrik Baju Kaos

Siapa yang tidak kenal dengan pabrik baju kaos di kota Yogyakarta. Yogyakarta ini dikenal sebagai salah satu kota di Indonesia yang sangat kreatif. Berbagai industri

...

Motif Bordir Terbaru

Dewasa ini, dalam setiap produk baju bordir terkini, tentu ada pula motif bordir terbaru yang menyertainya. Motif bordir berkategori terbaru tersebut bisa jadi penyempurnaan dari

...

Baju Murah Berkualitas

Apa yang akan anda katakan jika anda melihat maupun mendengar kata 'baju murah berkualitas' ?. Mungkin anda tidak akan percaya, heran, bingung atau apakah yang

...

Baju Grosir Wanita

Semua kaum wanita pasti sudah mengenal baju grosir wanita. Ya, jenis baju yang satu ini memang telah banyak dicari oleh para kaum wanita modern seperti

...
 
Johan Renaldi
 
0818 616 200
 
0811 249 256
 
5232 F068 (nol)
 
 
Yesie
 
0818 616 800
 
5255 964A
 
 
This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.